Pentingnya Budaya Sadar Bencana

Pentingnya Budaya Sadar Bencana

Bukan hanya sekolah-sekolah dasar saja yang diajarkan tentang bagaimana cara kesiapsiagaan dan menjadikan budaya yang sadar akan bencana. Tetapi, mahasiswa dan mahasiswi pun juga perlu disosialisasikan.

Kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara dalam rangka Masa Pengenalan dan Pembentukan Karakter (PKBN-MP2K) untuk mahasiswa baru Politeknik Statistika STIS di hari kedua, Sabtu (3/8) diisi oleh materi pembekalan yang mengangkat tema "Mahasiswa Tanggap Bencana, Menumbuhkan Budaya Sadar Bencana".

Sesi ini disampaikan oleh Wina Natalia, praktisi di bidang kebencanaan dari Yayasan Plan Internasional Indonesia. Materi ini diberikan bertepatan dengan kejadian bencana gempa bumi yang terjadi malam sebelumnya dan dirasakan oleh sebagian besar mahasiswa baru. Beberapa dari mereka bahkan mengaku merasakan gempa untuk pertama kalinya.

Kak Wina menyebutkan bahwa siap siaga dalam menghadapi gempa bumi adalah dengan mengenali proses terjadinya gempa bumi, kemudian mengenali lingkungan tempat kita berada, dan meletakkan benda-benda berat di bawah. Selain mengajarkan teori, Kak Wina juga mempraktekkan secara langsung hal-hal apa saja yang dapat dilakukan saat terjadi gempa.

Dengan diadakan pembekalan materi seperti ini, diharapkan kepada mahasiswa dan mahasiswi bisa lebih siaga dalam menghadapi ancaman bencana yang akan datang. Wujudkan kesiapsiagaan mulai dari sekarang yuk! (MA)

Sumber : STIS

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar