Monster Plastik Membunuh Terumbu Karang

Monster Plastik Membunuh Terumbu Karang

Pasti kamu sering melihat kan di sosial media penyu atau paus tersangkut plastik dan di perutnya terdapat plastik? Itu bukan hoax lho, Disasterizen! Ini nyata bener adanya! Banyaknya sampah plastik di laut ini bukan hanya merugikan manusia dan hewan, tapi juga merugikan terumbu karang. Hah? Terumbu karang?

Iya, sampah plastik ini juga bisa mematikan terumbu karang Disasterizen. Padahal terumbu karang ini sangat penting dan banyak manfaatnya untuk manusia dan juga hewan di laut. Sebab, terumbu karang adalah tempat berlindung dan berkembang biaknya hewan laut dan mengurangi polusi lautan.

Ada sebuah penelitian yang dipublikasikan pada majalah Science di tahun 2018, peneliti terumbu karang dari Universitas Hasanuddin, Makassar bernama Jamaluddin Jompa bersama dengan peneliti lainnya mengungkapkan bahwa terumbu karang yang tertutup plastik ini bisa mati karena tidak mendapatkan sinar matahari untuk tumbuh. Bukan cuma itu saja, karang lainnya ini bisa ikut terinfeksi oleh karang yang mati akibat plastik.

Sumber : Twitter

Sebenarnya pemerintah Indonesia ini sudah melindungi ekosistem laut dengan menetapkan area perlindungan laut atau dikenal sebagai marine protected areas (MPAs), yang luasnya sekitar 20 juta hektare.

Baca juga : ASAP LAGI .. ASAP LAGI .. YUK LAKUKAN INI

Sayang banget tapi nih Disasterizen, jumlah area yang dilindungi pemerintah ini belum sebanding dengan hasilnya. Hal ini disebabkan adanya pemisahan kewenangan di pemerintah berdasarkan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Konsekuensinya, pemerintah kabupaten belum bisa maksimal mengelola area laut karena keterbatasan sumber daya manusia.

Duh, makanya nih kita sebagai manusia yang mempunyai akal sehat. Seharusnya mengurangi sampah plastik dan terlebih untuk tidak membuang sampah plastik ke laut ya. Perlindungan laut, terutama terumbu karang, menjadi sangat penting dilakukan. Seperti yang kita tahukan kalau manusia dan hewan ini sangat bergantung pada terumbu karang.

Sumber : Tribun.com

Kita tahu kan kalau bungkus plastik ini terurainya sangat lama. Bahkan nih, sampah tisu yang sangat tipis saja baru bisa terurai sekitar 1 bulan! Sampah plastik? Ya tentu ratusan tahun. Yuk ciptakan kita jaga alam, alam jaga kita! (MA)

Sumber : theconversation.com

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar