Ini Dia Kearifan Lokal Milik Desa Sindangkerta

Ini Dia Kearifan Lokal Milik Desa Sindangkerta

Salah satu alat peringatan dini gempa pada zaman dahulu di Tasikmalaya.

Kalau di zaman sekarang sih, alat peringatan dini bencana alam sudah sangat bagus dan canggih ya, Disasterizen. Lalu, bagaimana dengan zaman dahulu? Jangan salah! Masyarakat zaman dahulu juga mempunyai caranya sendiri dalam mengetahui bagaimana gempa terjadi dan bagaimana mengabarkan peristiwa tersebut kepada masyarakat lainnya dengan cepat.

Kohkol Peteng! Mereka menggunakan alat ini Disasterizen untuk mengetahui saat gempa dan sebagai penanda kedaruratan pada masyarakat lainnya. Hebat bukan? Hal ini berdasarkan cerita yang dibagikan oleh Rafly Gilang Pratama, tim EDT (Ekspedisi Desa Tangguh Bencana Tsunami) dan salah satu tim SiagaBencana.com yang berada di Tasikmalaya.

Baca juga : KETERBATASAN BUKAN SEBUAH PENGHALANG KREATIVITAS

Kohkol peteng ini adalah kentongan yang dipasang pada setiap ujung rumah, ditempatkan di tempat paling mudah dijangkau. Alat ini digunakan di Desa Sindangkerta, Kampung Nusabentang, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya.

Saat gempa terjadi dan mengguncangkan bumi ini akan menggetarkan bambu yang ditancapkan di tanah, dan menggerakkan kentongan di atasnya. Sehingga kentongan yang bernama Kohkol Peteng ini akan berbunyi secara otomatis. Semakin keras guncangannya, maka semakin keras juga bunyinya.

Alat ini bisa bekerja, walau dalam keadaan listrik mati! Tetapi, pasti setiap alat mempunyai kekurangan ya Disasterizen. Yang disayangkan dan perlu dikoreksi ulang bersama adalah bagaimana cara kentongan ini benar-benar hanya sebagai penanda gempa, karena tiupan angin pun dapat menggerakkan kentongan berbunyi.  

Tetapi jangan khawatir, saat ini BMKG sudah mengeluarkan alat monitoring gempa yang lebih akurat yang menjadikan peringatan dini untuk masyarakat Indonesia. Meskipun sudah mempunyai alat monitoring gempabumi yang dimiliki BMKG, Kohkol Peteng tetap menjadi kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Tasikmalaya yang perlu diingat dan dilestarikan. (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar