5 Penyebab Banjir

5 Penyebab Banjir

Sobat Disasterizen, banjir adalah salah satu bencana yang paling mendominasi di Indonesia belakangan ini. Menurut Kaleidoskop Bencana yang dirilis oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada 2018 silam, banjir adalah bencana alam nomor wahid di Indonesia.

Setelah itu, puting beliung dan tanah longsor menyusul di nomor dua dan nomor tiga berurut-urut. 

Tapi, apakah sobat Disasterizen tahu apa sih sebenarnya penyebab banjir?

Hujan

Ilustrasi hujan. Sumber: Tirto.

Hujan dalam intensitas tinggi dan dalam waktu yang lama adalah penyebab banjir nomor satu. Terlebih lagi ditambah dengan gundulnya hutan dan semakin sedikitnya tanah yang bisa meresap air hujan.

Bendungan

 Bendungan. Sumber: Kompas.

Ya, bendungan yang tidak dirawat dan berfungsi dengan baik bisa menyebabkan banjir juga. Bendungan berfungsi untuk menahan volume air agar tidak tumpah. Lebih parah lagi, jika tanggulnya sampai rusak dan jebol. Itu bisa menyebabkan korban jiwa dan kerusakan yang lebih parah lagi.

Erosi 

Erosi di Badlands, Amerika Serikat. Sumber: Kevin Walsh, Flickr.

Erosi tanah akibat penebangan pohon juga berperan besar dalam terjadinya banjir. World Wide Fund for Nature (WWF), sebuah organisasi non pemerintah yang berfokus di bidang alam, melansir dari catatan Kementerian Kehutanan Republik Indonesia bahwa setiap tahun, Indonesia kehilangan 2% hutannya. Data Kementerian Kehutanan menyebutkan dari 130 juta hektar hutan yang tersisa, 42 jutanya sudah habis ditebangi. 

Pembangunan Pemukiman

Kepadatan pemukiman Jakarta. Sumber: Kompas.

Pembangunan pemukiman berdampak besar dalam menyempitnya luas tanah yang bisa menyerap air hujan. Rata-rata banjir terjadi di kawasan yang padat penduduk. Tanah kehilangan daya serap dan menjadi lebih rentan terhadap banjir.

Sampah 

Sampah di sungai. Sumber: Okezone.

Ironi nggak sih rasanya kalau kita selalu menyalahkan ‘ketidakbecusan’ pemerintah dalam mencegah banjir, tapi kita masih sering buang sampah sembarangan? 

Sangat ironi. Sampah-sampah yang tertimbun bisa menyumbat saluran air dan membuatnya menguap, hingga terjadi banjir.

Banjir sendiri sudah membawa banyak penyakit, apalagi ditambah dengan sampah yang ikut mengambang. Jadilah warga yang pintar dan bijak dengan mulai membiasakan untuk membuang sampah pada tempatnya. Karena kalau bukan kita, siapa lagi? (RG)

Dipost Oleh

Tinggalkan Komentar