Ekspedisi Destana Tsunami 2019 Sampai di Jawa Barat, Kepala BPBD Pangandaran: Kami Darurat LGBT

Ekspedisi Destana Tsunami 2019 Sampai di Jawa Barat, Kepala BPBD Pangandaran: Kami Darurat LGBT

Pemberian pataka dari Jawa Tengah ke Jawa Barat untuk menandai dimulainya Ekspedisi Destana Tsunami 2019 segmen Jawa Barat. Foto: Deni Sugandi

Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) Tsunami 2019 akhirnya sampai ke Jawa Barat. Program BNPB yang bertujuan untuk mensosialisasi masyarakat yang tinggal di daerah rawan tsunami di daerah pesisir selatan Jawa ini akhirnya sampai di Jawa Barat setelah 25 hari menyusuri Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY. Ekspedisi ini dimulai dari Pangandaran pada 2 Agustus 2019 dan berakhir di Sukabumi pada 10 Agustus 2019.

Program ini diawali secara simbolis dengan penyerahan pataka dari Provinsi Jawa Tengah ke Jawa Barat di Lapangan Kalipucang, Kec. Kalipucang, Kabupaten Pangandaran pada Jum’at (2/6). Acara yang dimeriahkan oleh sambutan tradisional ala Sunda ini juga dihadiri oleh Liliek Kurniawan, Deputi Bidang Pencegahan BNPB dan Nana Ruhena, Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran.

“(Kabupaten) Pangandaran ini (kabupaten) rawan bencana nomor 17 se-Indonesia dan nomor 6 se-Jawa Barat. Semua jenis bencana di Pangandaran ada kecuali gunung berapi. Kami darurat LGBT, yaitu longsor, gempa, banjir, dan tsunami. Terlebih huruf T nya (tsunami, -red)”, ujar Nana ketika memberikan pembekalan kepada para peserta ekspedisi di Gedung Politeknik Perikanan Pangandaran selepas salat Jum’at. Memang betul, mengingat Pangandaran merupakan saksi dari dahsyatnya tsunami dahsyat tanpa isyarat pada 2006 silam.

Setelah dari Pangandaran, para peserta ekspedisi yang terdiri dari tim BNPB, BPBD masing-masing daerah, NGO, perguruan tinggi, relawan, serta media akan bertolak menuju Kecamatan Cimerak.

Setelah dari Kecamatan Cimerak, para peserta akan menyambangi beberapa titik yaitu Kecamatan Cipatujah, Tasikmalaya, Kecamatan Cikelet, Garut, Kecamatan Sindang Barang, Cianjur, hingga Kecamatan Pangumbahan & berakhir Kecamatan Palabuhanratu, Sukabumi hingga acara penyerahan pataka dari Provinsi Jawa Barat ke Provinsi Banten.

Ikuti terus perkembangan harian Ekspedisi Destana Tsunami 2019 Segmen Jawa Barat hanya di Instagram @yuksiagabencana. (RG)

Dipost Oleh

Tinggalkan Komentar