Jamu Clinic : Solusi Jitu Upaya Preventif Mengurangi Risiko Bencana Kesehatan

Jamu Clinic : Solusi Jitu Upaya Preventif Mengurangi Risiko Bencana Kesehatan

FOTO : YouTube BNPB

Indonesia adalah salah satu negara yang terkena dampak dari pandemi COVID-19. Sebagai salah satu upaya mengurangi risiko pandemi COVID-19, jamu adalah upaya yang dipilih untuk mengatasi beberapa gejala virus. 

Jamu adalah obat homeoterapi yang banyak digunakan di seluruh nusantara oleh orang Indonesia. Jamu sendiri di Indonesia digunakan untuk mengobati, meredakan atau menyembuhkan berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Jamu Clinic adalah sebuah pusat kesehatan masyarakat yang berbasis tradisional yang dikelola secara kolektif oleh masyarakat Petamburan, Jakarta Pusat. Tujuan dari pembangunan Jamu Clinic adalah untuk mendorong kapasitas kesehatan dan ekonomi masyarakat. Jamu Clinic ini sebagai solusi alternatif sekaligus mengintegrasikan solusi masalah perkotaan, seperti mengurangi permasalahan iklim dan masalah kesehatan. 

Hasil dari Jamu Clinic ini adalah pusat kesehatan publik akan menjadi sarana pendidikan dan bertukar informasi seputar kesehatan, pengobatan herbal maupun farmasi dan hal umum lainnya dan operasi pusat kesehatan dan bisnis akan dilaksanakan oleh peserta secara mandiri. 

Ada beberapa tahapan program yang dilakukan oleh Jamu Clinic, seperti…

  1. Assessment dan pemetaan stakeholder, assessment karakteristik, kondisi terkini dan pemetaan stakeholders. 
  2. Sosialisasi program Jamu Clinic, sosialisasi program kepada peserta dan stakeholder terkait. 
  3. Pelaksanaan workshop.
  4. Monitoring dan evaluasi berkala, monitoring terkait perkembangan peserta dan mengevaluasi secara teknis dan materi. 
  5. Pelatihan dan pendampingan, pelatihan dan pendampingan menanam tanaman herbal dan pengembangan UMKM. 


Jamu Clinic ini sebagai upaya preventif dan promotif kesehatan meningkatkan derajat ketahanan masyarakat, sehingga mengurangi dampak risiko bencana terlebih terhadap bencana akibat wabah dan sebagainya. Sedangkan dalam kompleksitas masalah perkotaan, program Jamu Clinic dapat mengintegrasikan solusi sebagai antisipasi yang bisa dikerjakan komunitas secara langsung,” tutur Hari Akbar Apriawan pada salah satu acara Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana yang dilaksanakan secara daring pada 13 Oktober 2022. (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar